Ketua PCNU Sampang: STAI Ma’arif Adalah Kampus Kebanggaan NU

KH. Itqon Busiri Ketua PC NU Sampang Saat Memberikan Sambutan
KH. Itqon Busiri Ketua PC NU Sampang Saat Memberikan Sambutan (Syahrul/blok-a,com)

Sampang, blok-a.com Ketua PCNU Sampang puji kualitas kampus Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’arif. Hal itu disampaikannya pada momentum sidang senat terbuka dalam rangka wisuda VII program sarjana S1 prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) dan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) tahun akademik 2023-2024.

STAI Ma’arif yang  beralamat di Jalan Raya Bancelok, Jrengik, Sampang Madura, resmi gelar acara wisuda ke VII pada Sabtu, 11 November 2023. Acara tersebut digelar di Gedung PKP RI Trunojoyo, Sampang, Madura, Jawa Timur, diikuti oleh 116 peserta wisuda.

Ketua PCNU Kabupaten Sampang KH. Itqon Bushiri di depan ratusan mahasiswa mengatakan, kampus STAI Ma’arif Sampang adalah kebanggaan Nahdlatul Ulama.

Menurutnya, sekolah tinggi tersebut merupakan kampus yang haluannya tidak berbeda dengan NU yaitu tetap mengamalkan ajaran Ahlussunnah Waljama’ah An-Nahdiyah. Oleh sebab itu, dapat dikatakan bahwa menimba ilmu di kampus tersebut sama saja dengan belajar di NU.

“STAI Ma’arif ini adalah kampus kebanyakan Nahdlatul Ulama, maka beruntung bagi yang menimba ilmu di sini, karena haluannya tetap ahlussunnah wal jama’ah an-nahdiyah,”ujarnya. Sabtu (11/11/2023).

Kiai Itqon mengatakan, perilaku amaliyah an-nahdliyah sangat penting bagi mahasiswa. Khususnya dalam proses pembelajaran di kampus dan masyarakat secara umum. Perilaku tersebut dapat meningkatkan religiusitas peserta didik yang kini cenderung menipis, terpengaruh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kader Nahdlatul Ulama (NU) yang menimba ilmu di perguruan tinggi harus tergerak melestarikan tradisi salafus shalih, dengan melanggengkan nilai-nilai ke-aswaja-an dalam setiap tindakannya.

“Dengan melestarikan tradisi salafus shalih maka dengan sendirinya akan melanggengkan realisasi nilai-nilai ahlussunnah waljamaah,” terangnya.

Dia juga meminta kepada pihak kampus untuk segera mengagendakan penyusunan segala persyaratan untuk menambah program pasca sarjana. PCNU Sampang siap mendukung segala kebutuhan tersebut demi kemajuan STAI Ma’arif.

“Jika butuh doktor, kita banyak, jadi mari kita berdayakan kader-kader NU yang sudah mempunyai gelar doktor ini, saya rasa kader NU Sampang banyak kok,”ungkapnya. (suf/gni)