Nawakarsa Award Gresik Lestari Meriahkan Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani, wakil Bupati Gresik aminatun Habibah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sri Subaidah, berfoto bersama para peraih Nawa Karsa Award Gresik Lestari.
Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani, wakil Bupati Gresik aminatun Habibah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sri Subaidah, berfoto bersama para peraih Nawakarsa Award Gresik Lestari.

Gresik, blok-a.com – Puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Kabupaten Gresik tahun 2024 dimeriahkan dengan Nawakarsa Award Gresik Lestari di gedung Wahana Ekspresi Pusponegoro (WEP) Gresik, Rabu (10/7/2024).

Kegiatan ini menjadi wujud komitmen dan penghargaan bagi para pihak yang berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan di Kabupaten Gresik.

Dalam sambutannya, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya Nawakarsa Award Gresik Lestari dan juga kepada seluruh pihak yang terlibat dalam upaya pelestarian lingkungan di Gresik.

“Isu lingkungan menjadi isu strategis. Sehingga didalam RPJMD disebutkan ada program Gresik Lestari. Program ini Wujud perhatian pemerintah dalam menjaga lingkungan hidup di Kabupaten Gresik,” ujar Gus Yani sapaan akrab Bupati Gresik.

Bupati Yani juga memaparkan, Gresik Lestari merupakan salah satu dari sembilan program prioritas dalam RPJMD Kabupaten Gresik.

Mengingat Gresik memiliki karakteristik sebagai kota industri, diperlukan komitmen bersama dalam menjaga kelestarian lingkungan.

“Nawakarsa Award ini diharapkan dapat menjadi semangat bersama bagi industri, masyarakat, dan pemerintah dalam menghadapi isu lingkungan,” katanya.

Lebih lanjut, Gus Yani menegaskan komitmen Pemkab Gresik untuk terus memperhatikan isu lingkungan, sebagai Gresik yang dikenal sebagai kota industri.

“Kami berkomitmen untuk menjadikan Gresik sebagai kota industri yang ramah lingkunga. Penghargaan Nawakarsa Award Gresik Lestari ini diharapkan dapat menjadi pendorong bagi kita semua untuk meningkatkan perhatian terhadap lingkungan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gresik, Sri Subaidah menuturkan bahwa dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, DLH menggelar berbagai rangkaian acara.

“Kami menggelar kompetisi kampung Gresik berseri, lomba konten lingkungan hidup, gerakan aksi bersih lingkungan di seluruh Gresik, susur sungai, penghijauan melalui penanaman pohon, penanaman biopori, workshop pengelolaanlingkungan bagi industri, uji emisi, dan puncaknya hari ini Nawakarsa Award Gresik Lestari,” pungkas Sri Subaidah.

Acara Nawakarsa Award ini juga dimeriahkan dengan penandatanganan komitmen bersama terkait pengurangan penggunaan plastik sekali pakai dan launching aplikasi Brilian (Bina Industri Ramah Lingkungan).

Selain itu, terdapat pula pemberian penghargaan kepada para pemenang dalam berbagai kategori, seperti:

• 19 Perusahaan Juara Kompetisi Brilian Kategori Gold dan Silver
• 3 Kampung Juara Kompetisi Gresik BARU
• 4 Perusahaan Proklim
• 5 Sekolah Zero Waste
• 4 Kampung Zero Waste
• 3 Orang Pasukan LH Terlama dan Tertua
• 3 Juara Juara Lomba Yel – Yel Sekolah
• 3 Juara Lomba Yel – Yel Umum dan Kader Lingkungan
• 3 Juara Lomba Pameran
• 3 Juara Lomba Konten Instagram
• 3 Juara Lomba Konten Tik Tok

Nawakarsa Award Gresik Berseri diharapkan dapat menjadi motivasi bagi seluruh masyarakat Gresik untuk terus berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan dan menjadi kota yang lestari dan berkelanjutan. (ivn/lio)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?