Ungguli Ratusan Peserta, Dua Atlet Wushu Cilik di Gresik Siap Hadapi Kejuaraan Dunia

Hideki Hartanto juara 1 Chuji Nan Dao grup C putra dan Mathias Arsenio Prassetyo juara 3 Chuji Nan Dao grup C putra.
Hideki Hartanto juara 1 Chuji Nan Dao grup C putra dan Mathias Arsenio Prassetyo juara 3 Chuji Nan Dao grup C putra.

Gresik, blok-a.com – Dua atlet Wushu cilik Gresik yakni Hideki Hartanto (11) dan Mathias Arsenio Prassetyo (11) berhasil menyabet medali di ajang Kejuaraan Nasional atau Kejurnas Wushu 2024.

Keduanya merupakan atlet Wushu Taolu dari Sasana Lima Naga Gresik bagian dari ratusan atlet Wushu yang mewakili Jawa Timur dalam Kejurnas Wushu 2024.

Ajang ini bagian dari seleksi atlet menjelang Kejuaraan Dunia Wushu Junior ke-9 di Brunei Darussalam pada September 2024 mendatang.

Sehingga Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) mengadakan Tahap Final Stage Sirkuit Nasional, meliputi Kejurnas Wushu Junior Taolu dan Sanda, serta Kejuaraan Open Wushu Taolu Senior tahun 2024 .

Final Stage Sirkuit Nasional-Kejurnas Wushu Junior Taolu dan Sanda serta Kejurnas Open Wushu Taolu Senior 2024 dibuka secara langsung oleh Menpora RI, Dito Ariotedjo pada Rabu (3/7/2024) lalu.

Kejurnas berlangsung di GOR Tennis Indoor, Kompleks GBK Senayan, Jakarta, selama lima hari. Dimulai sejak Rabu, 3 Juli hingga Sabtu, 7 Juli 2024.

Sebanyak 600 peserta yang tampil di kejuaraan ini adalah hasil seleksi dari pelaksanaan event sebelumnya. Yakni babak kualifikasi Kejurnas Sirnas Wushu Taolu dan Sanda yang digelar pada 10-17 Mei 2024 di Yogyakarta. Setelah itu, dikerucutkan lagi menjadi 300 atlet.

“Setelah mengikuti babak kualifikasi di Yogyakarta, PB WI (Pengurus Besar Wushu Indonesia) meloloskan atlet-atlet untuk mengikuti final stage sirnas ini,” kata Wakil Ketua Umum I PB WI, Iwan Kwok.

“Dengan jumlah atlet untuk Kejurnas Sanda 69 atlet, Kejurnas Taolu sebanyak 380 atlet, Open Senior sebanyak 37 atlet. Selanjutnya, para atlet terbaik akan digembleng dalam Pelatnas Wushu,” lanjutnya.

Sebagai persiapan menghadapi ketatnya persaingan di kancah single event regional, internasional, maupun multievent internasional.

“Hasil dari Kejurnas ini, PB WI akan mengirimkan atlet-atlet terbaik untuk mengikuti Kejuaraan Wushu Dunia Junior ke-9 di Brunei Darusalam September 2024,” bebernya.

Terpisah, Pelatih Wushu Taolu Gresik, Kurniawan Cahyadi mengaku bangga atas prestasi atlet didikannya.

“Anaknya antusias dan sangat semangat dalam berlatih. Jadi, saya turut menuntun dia untuk bisa lebih maksimal maju terus,” ujarnya.

Ia juga menekankan kepada kedua atletnya untuk lebih giat dan bersemangat lagi dalam latihan.

“Semoga kedepannya, dengan bertambahnya umur dan jurus yang didalami lebih bisa sukses dan bagus terus. Karena persaingannya akan lebih sulit lagi,” imbuh pelatih yang akrab disapa Fei Hung.

Adapun rincian perolehan medali yang diraih sebagai berikut ini :

Hideki Hartanto

Kejurnas Wushu Taolu Junior 2024:

  • Emas Chuji Nan Quan (tangan kosong selatan khusus kelas/grup C)
  • Emas Chuji Nan Dao (jurus golok selatan khusus kelas/grup C)
  • Perak Chuji Nan Gun (jurus tongkat/toya selatan khusus kelas/grup C)

Open Senior Wushu 2024:

  • Perak Nan Dao Senior

Mathias Arsenio Prassetyo

  • Perunggu Chuji Nan Dao (jurus golok selatan khusus kelas/grup C).

(ivn/lio)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?