Bus PO Gunung Harta Kebakaran di Tol Jomo, Seluruh Penumpang Selamat

Keadaan bus gunung harta setelah api berhasil dipadamkan.(Blok-a.com/Syahrul Wijaya)
Keadaan bus gunung harta setelah api berhasil dipadamkan.(Blok-a.com/Syahrul Wijaya)

Mojokerto, blok-a.com – Kebakaran melanda bus PO Gunung Harta dengan nomor polisi B 7075 KGA di ruas tol KM 685+500 jalur B Mojokerto – Jombang Senin petang (8/7/2024), pukul 18.00 WIB.

Bus tersebut dikendarai oleh Tri Winarso (46), yang beralamat di Inspeksi Kali Malang, RT 12 RW 11, Jk Sampurna, Bekasi, Jawa Barat.

Dua kernet bus, Bayu Dwi Cahyono (23) asal Margo Utomo, Catak Gayam, Mojowarno, Jombang, dan Nanang Pratama (24) asal Dusun Tugu, Purwoasri, Kediri, juga selamat. Semua penumpang berjumlah 32 orang dalam kondisi aman.

Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam insiden tersebut. Kerugian material, termasuk kerusakan tol dan kendaraan, masih dalam proses identifikasi petugas.

Diketahui, bus PO Gunung Harta berangkat dari Sumenep menuju Jakarta dengan membawa 32 penumpang dan 3 awak bus.

Saat tiba di KM 685+500 jalur B ruas tol Mojokerto-Jombang, diduga terjadi korsleting listrik di bagian belakang bus, yang menyebabkan kap mesin mengeluarkan asap.

Sopir kemudian menepi di bahu jalan, namun kendaraan segera terbakar.

Posisi terakhir bus berada di bahu jalan menghadap ke barat.

“Dugaan bus umum Gunung Harta terjadi korsleting listrik di bagian mesin, sehingga mengeluarkan asap di bagian kap. Sopir meminggirkan bus, dan beruntung tidak ada korban luka maupun korban jiwa dalam peristiwa ini,” ungkap Kanit PJR III Ditlantas Polda Jatim, AKP Yudhiyono.

Petugas mendatangi TKP bersama pihak pengelola Tol Jombang-Mojokerto (Jomo), mengatur arus lalu lintas di TKP, melaksanakan olah TKP, mendokumentasi TKP, mencari keterangan saksi, dan mengevakuasi barang bukti ke Pos Jatim 3 di KM 684.

Petugas yang berada di lokasi adalah Unit 315 Aipda M Zainuri dan Bripka Faried S.

“Posisi terakhir bus berada di bahu jalan menghadap ke barat. Saat kejadian, arus lalu lintas lancar dan cuaca cerah,” pungkasnya.(sya/lio)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?