Puncak Peringatan HAI 2023, Jombang Terima Dua Penghargaan dari Gubernur Jatim

Dua piagam penghargaan sekaligus, diterima oleh Pj Bupati Jombang Sugiat.(dok. Pemkab Jombang for blok-a.com)
Dua piagam penghargaan sekaligus, diterima oleh Pj Bupati Jombang Sugiat di puncak peringatan HAI 2023.(dok. Pemkab Jombang for blok-a.com)

Jombang, blok-a.com – Kinerja Pemerintah Kabupaten Jombang diapresiasi oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Dua piagam penghargaan sekaligus, diterima oleh Pj Bupati Jombang Sugiat S.Sos, M.Psi.T. pada puncak Peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) Tingkat Provinsi Jawa Timur, Rabu (22/11/2023) siang, yang digelar di Pasar Induk Among Tani, Kota Batu.

Penghargaan dari Gubernur Jawa Timur yang diserahkan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Adhi Karyono tersebut di antaranya mengapresiasi kinerja Pemerintah Kabupaten Jombang dalam meningkatkan kualitas literasi di Satuan Pendidikan SMPN 4 Jombang, utamanya bagi peserta didik, orang tua peserta didik dan masyarakat umum melalui program inovasi Digitalisasi Literasi pada Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama.

Tidak hanya itu, Gubernur Khofifah juga memberikan penghargaan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang atas kinerjanya dalam meningkatkan literasi budaya generasi muda pada khususnya, dan masyarakat Kabupaten Jombang pada umumnya. Terutama terkait dengan peninggalan dan warisan budaya benda dan tak benda yang pernah ada dan masih berkembang di tengah-tengah masyarakat Kabupaten Jombang, melalui program museum mini digitalisasi literasi cagar budaya.

“Alhamdulillah, bonus dari kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, dan kerja ikhlas dari Pemerintah Kabupaten Jombang juga jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang mendapat apresiasi Penghargaan dari Ibu Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa,” kata Pj Bupati Jombang Sugiat usai menerima Penghargaan didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang, Senen S.Sos, M.Si.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Jombang dan seluruh masyarakat Kabupaten Jombang, ia menyampaikan ucapan selamat sekaligus terima kasih atas kolaborasi yang baik dari semua pihak sehingga kinerja yang optimal ini, berbuah prestasi dan apresiasi.

“Inilah pentingnya Digitalisasi Literasi sebagai fondasi utama dalam membangun masyarakat yang damai dan berkelanjutan, terutama dalam menghadapi perubahan peradaban dunia. Kita harus terus berinovasi, berkreasi mengikuti perkembangan jaman dan memanfaatkan teknologi agar dapat bersaing dan sejajar dengan bangsa lain. Semoga apresiasi ini, semakin memotivasi kinerja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang juga sekolah sekolah yang ada di Kabupaten Jombang,” pungkas Pj Bupati Sugiat.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang, Senen, menyampaikan bahwa Digitalisasi Literasi menjawab tantangan di era 5.0.

“Digitalisasi literasi cagar budaya adalah upaya Kami dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mempercepat persebaran informasi tentang cagar budaya. Baik informasi digital benda dan bangunan cagar budaya serta peta digital cagar budaya yg bisa diakses hanya melalui barcode id. Sehingga efektif dan efisien, bisa ditempel di tempat tempat umum tanpa mengeluarkan anggaran untuk pengadaan buku,” paparnya.

Lanjutnya, digitalisasi literasi di SMP 4 Jombang dimulai dari presensi digital yang terkoneksi ke wali siswa, perpustakaan digital, PKRS digital, buku paket digital, pembelajaran digital, game pembelajaran digital karya siswa, dan sudut-sudut pembelajaran digital.

“Semuanya dikemas dalam satu paket inovasi pembelajaran, sangat efektif dan efisien serta membuat siswa lebih antusias dan semangat dalam belajar, dan siswa juga sangat adaptif terhadap perkembangan teknologi dan informasi, sehingga mampu menyesuaikan diri terhadap kemajuan IT saat ini,” pungkasnya. (sya/lio)