Komitmen Dukung Program Kabupaten Gresik, 50 Perusahaan Diganjar Penghargaan CSR

Bupati Gresik saat menyerahkan penghargaan ke beberapa perusahaan. (blok-a.com/ivan)
Bupati Gresik saat menyerahkan penghargaan ke beberapa perusahaan. (blok-a.com/ivan)

Gresik, blok-a.com – Musrenbang Corporate Social Responsibility (CSR) 2024 dan CSR Award 2023 kembali digelar. Tahun ini ada sekitar 50 perusahaan yang akan menerima penghargaan CSR dari Kabupaten Gresik.

Penghargaan diserahkan oleh Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, bersama Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, di Hotel Aston Inn, Kamis (30/11/2023). Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi kepada perusahaan yang berkomitmen dalam mensupport Kabupaten Gresik.

Dalam sambutannya, Bupati Gus Yani mengapresiasi komitmen CSR dari masing-masing perusahaan. Menurutnya, ini adalah salah satu pondasi untuk membangun infrastruktur dan sumber daya manusia yang berkualitas.

“Maka kita harus benar-benar cerdas melihat situasi secara global. Untuk itu kami berterimakasih atas kerjasama yang telah kita jalin selama setahun ini. Ketika kerjasama ini dibangun, kekuatan potensi industrial ini menjadi luar biasa untuk Kabupaten Gresik,” ujar Gus Yani.

Menyadari potensi tersebut, Gus Yani secara lugas menyebutkan bahwa tren pembangunan saat ini beralih ke sumber daya manusia. Menurutnya, hampir 40% bonus demografi akan didapatkan Gresik di masa depan.

“Saya hari ini tidak boleh berfokus pada infrastruktur saja, tapi juga harus fokus pada talenta, bakat, skill, keterampilan anak-anak di Gresik. Maka kita harus mulai berfikir bagaimana lulusan sekolah dapat memenuhi kebutuhan tersebut,” ungkapnya.

Untuk itu, Gus Yani tengah menyusun tim khusus yang terdiri dari Disnaker, Dispendik, bersama seluruh stakeholder terkait seperti Kadin, Apindo, dan Hipmi. Tujuannya adalah untuk menjalin singkronisasi antara dunia perusahaan dan pendidikan.

Lebih lanjut, salah satu elemen yang diperlukan untuk melancarkan hal tersebut adalah pengentasan kemiskinan. Maka, Gus Yani mendorong perusahaan di sekitar Kabupaten Gresik untuk memberikan perhatian lebih.

“2024 yang harus kita lakukan adalah memperkuat kesejahteraan sosial masyarakat. Artinya membantu menurunkan kemiskinan ekstrim kita sampai ke batas paling bawah.” katanya.

Sebagai informasi, kategori penghargaan yang diberikan ada 4 macam. Masing-masing adalah kategori Top Leaders on CSR Commitment untuk perusahaan dengan komitmen tinggi dalam mendukung Pemkab Gresik. Kategori Awards on Star 1, 2, 3, dan 4.

Ada pula pemberian penghargaan yang diberikan kepada lembaga formal untuk kompetisi inovasi yang dilakukan beberapa waktu lalu. Penghargaan tersebut dibagi menjadi 4 kategori, yaitu kategori inovasi teknologi berbasis website dan/atau mobile app, kategori bidang ekonomi, kategori inovasi bidang non ekonomi, dan kategori inovasi daerah.

Total ada kurang lebih 150 peserta yang mengikuti agenda ini. Mereka adalah perusahaan dari BUMN, BUMD, Swasta, 58 perangkat daerah, tim pengawas CSR Kabupaten Gresik, dan tim Sekretariat CSR Kabupaten Gresik. (ivn/lio)