Desa Wisata di Sidoarjo ini Sulap Rumah Warga Jadi Sentra UMKM Dihiasi Ribuan Lampu

Hj. Sa'adah Ahmad Muhdlor bersama para juri, melakukan penilaian tahap akhir Sido Resik di kali kaben Desa Cangkringsari, Kecamatan Sukodono.
Hj. Sa'adah Ahmad Muhdlor bersama para juri, melakukan penilaian tahap akhir Sido Resik di kali kaben Desa Cangkringsari, Kecamatan Sukodono.

 

Sidoarjo, blok-a.com – Ketua TP PKK Kabupaten Sidoarjo, Hj Sa’adah Ahmad Muhdlor bersama jajaran Dewan Juri melakukan penilaian tahap akhir Sido Resik (Sidoarjo Revitalisasi Fungsi Kali) 2023 nominasi ke-9 tahun 2023.

Penilaian tahap terakhir Sido Resik 2023 itu berada di Kali Keben, Desa Cangkringsari, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo.

Dalam penjurian tersebut, Ning Sasha sapaan akrab Penggagas Sido Resik ini mengatakan desa wisata Sido Resik Kali Keben ini merupakan desa wisata yang memanfaatkan pedestrian rumah warga untuk berjualan. Sehingga, hal ini mampu menggerakkan magnet ekonomi bagi warga sekitar.

“Penataan pedestrian dengan ribuan lampu warna-warni yang menghiasi kawasan sungai dan sentuhan kreatif lukisan, warna-warni cat dan aksesoris juga tampak apik menghiasai deretan jembatan ini benar-benar membuat desa wisata Kali Keben mampu menarik warga sekitar untuk berkunjung. Terlebih dengan keunggulan kuliner yang beraneka macam UMKM warga sekitar, juga ikut terangkat,” katanya.

Ning Sasha yang merupakan istri Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor, juga menambahkan dengan cara seperti ini desa wisata yang memiliki panjang 800 meter tersebut diharapkan eksis hingga 10 tahun bahkan lebih.

“Saya minta konsep wisata dengan keunggulan pedestrian warga sekitar ini harus terus di jaga dan eksis hingga 10 tahun lebih agar dapat diteruskan untuk generasi berikutnya,” harapnya.

Ia juga mengapresiasi konsep desa wisata Kali Keben. Dikatannya, dengan cara ini dapat meningkatkan pengalaman wisatawan dan mendukung keberlanjutan lingkungan.

“Wisatawan atau pengunjung yang datang kesini akan mendapat pengalaman baru yaitu jalan-jalan di sepanjang kali yang banyak dihias lampu serta berkuliner murah meriah,” tuturnya.