Tingkatkan Ketahanan Pangan, Ratusan Petani Desa Jeruklegi Sidoarjo Terima Bantuan Benih Padi dan Pupuk Gratis

Teks foto 2 : Warga petani penerima bantuan pupuk/obat pertanian dari program ketahanan pangan Pemdes Jeruklegi.
Teks foto : Warga petani penerima bantuan pupuk/obat pertanian dari program ketahanan pangan Pemdes Jeruklegi.

 

 

 

 

Sidoarjo, blok-a.com – Sebagai upaya membangun ketahanan pangan Pemerintah Desa  (Pemdes) Jeruklegi, Kecamatan Balongbendo, Kabupaten Sidoarjo telah menyalurkan bantuan berupa benih padi dan obat pertanian secara gratis kepada 290 warga petani.

“Alhamdulillah, untuk bantuan benih padi dan obat pertanian (ke petani) sudah kami salurkan beberapa hari kemarin mas,” ujar Muhamad Taukhid, Kepala Desa (Kades) Jeruklegi, Sidoarjo saat ditemui di kantor desa setempat.

Kades Muhamad Taukhid berharap, dengan adanya bantuan tersebut petani dapat memanfaatkan benih padi dan obat pertanian yang diberikan, terlebih dalam musim hujan saat ini.

“Saya berharap para petani ini lebih semangat lagi dan dapat memanfaatkan bantuan yang telah diberikan apa lagi sekarang musim hujan begini,” ujarnya.

Ia menerangkan bahwa, bantuan berupa benih padi dan obat pertanian yang disalurkan kepada warga petani secara gratis tersebut merupakan bagian kegiatan dari program ketahanan pangan yang telah di canangkan oleh pemerintah pusat.

“Bantuan untuk warga petani itu, sebagai upaya mewujudkan ketahanan pangan,” terangnya.

Selain menerima bantuan benih padi dan obat pertanian, warga petani juga diberikan edukasi dari penyuluh pertanian UPT dinas pertanian Kecamatan Balongbendo.

“Bukan hanya diberi bantuan benih padi dan obat saja mas, namun para petani juga diberikan pelatihan secara teknis oleh UPT pertanian,” tuturnya.

Tak hanya itu, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan para petani, Pemdes Jeruklegi juga berencana membangun jalan usaha tani (JUT). Hal ini sebagai upaya memberikan kemudahan bagi warga petani disaat mengangkut hasil panenya.

“Agar warga kami yang mayoritas bekerja sebagai petani ini merasa terbantu dan semakin sejahtera,” pungkasnya (jum/kim)