Serahkan Sertifikat Wakaf Kawasan Sunan Giri Gresik, AHY Tegaskan Tanpa Biaya

Menteri ATR/BPN Agus Harimuti Yudhoyono serahkan sertifikat wakaf di Masjid Kanjeng Sunan Giri. (blok-a.com/ivan)
Menteri ATR/BPN Agus Harimuti Yudhoyono serahkan sertifikat wakaf di Masjid Kanjeng Sunan Giri. (blok-a.com/ivan)

Gresik, blok-a.com – Menteri Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyerahkan sertifikat Wakaf beberapa yayasan di Kabupaten Gresik, Jumat (5/7/2024) siang.

Didampingi mantan Wakil Gubernur Emil Dardak, penyerahan langsung Sertifikat wakaf ini dilakukan setelah menunaikan salat Jumat di Masjid Ainul Yaqin, Kawasan Makam Sunan Giri, Kebomas, Gresik.

Menteri AHY menyebutkan, ada 4 yayasan penerima sertifikat kali ini. Yakni Yayasan Makam Sunan Giri, Masjid Ainul Yaqin yang berada di Kawasan Makam Sunan Giri, Yayasan Ponpes Darul Ihsan dan Musala Baiturrohmah.

Menteri AHY menerangkan, penyerahan sertifikat Wakaf ini merupakan upaya pemerintahan presiden Joko Widodo dalam memberikan kepastian hukum terhadap objek tanah yang selama ini belum memiliki payung hukum.

“Alhamdulillah pada Jumat yang penuh berkah ini selepas salat jumat di masjid Kanjeng Sunan Giri berdiri sejak tahun 1500, kami telah menyerahkan Sertifikat Wakaf kawasan makam Sunan Giri dan beberapa yayasan di Kabupaten Gresik,” tuturnya.

Menteri AHY menyebutkan, dengan penyerahan sertifikat ini maka masjid yang sudah berumur ratusan tahun tersebut akhirnya memiliki kepastian hukum.

Penyerahan sertifikat ini merupakan program prioritas pemerintah yang harus segera diselesaikan.

“Dan kami yakinkan kepada yayasan yang lain, baik perorangan maupun pelaku usaha untuk segera mengurus sertifikat Wakaf dan kami pastikan tidak ada biaya untuk pengurusannnya,” tegas Menteri AHY.

Di kesempatan yang sama, Ketua Umum Partai Demokrat ini juga memperkenalkan model sertifikat terbaru yang diserahkan, yaitu Sertifikat Elektronik.

“Untuk memberikan kemudahan kementrian ATR/BPN meluncurkan sertifikat elektronik. Namun kami juga berpesan agar menjaga baik-baik sertifikat tersebut, karena sebaik apapun kemajuan teknologi, memang masih ada potensi upaya peretasan,” ungkapnya

Selepas penyerahan sertifikat waqaf, Menteri AHY bersama rombongannya melanjutkan kunjunganya dengan berziarah ke Makam Sunan Giri.(ivn/lio)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?