PABPDSI Akan Surati Presiden Terkait Banjirnya Penolakan Pergantian Pj Kades di Sampang

Holip Ketua PABDPSI Kabupaten Sampang Serah Surat Penolakan Pergantian Pj Kades Hasil Musdeslub 16 Desa kepada Didik Camat Omben.
Holip Ketua PABDPSI Kabupaten Sampang Serah Surat Penolakan Pergantian Pj Kades Hasil Musdeslub 16 Desa kepada Didik Camat Omben.

Sampang, blok-a.com – Penolakan pergantian Pj Kades oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Kabupaten Sampang terus membara. Penolakan tersebut dilakukan berdasarkan keinginan rakyat.

Seperti yang dilakukan anggota BPD dari 16 desa se-kecamatan Omben, mereka mendatangi kantor camat Omben untuk menyampaikan aspirasi masyarakat bahwa ada 16 desa Pj Kadesnya tidak boleh diganti.

“Yang tahu terhadap keadaan masyarakat desa di bawah itu kami pak, jadi kami merasa keberatan terhadap evaluasi yang dilakukan oleh tim evaluasi maka kami menolak dan tidak boleh ada pergantian Pj kades,” ujar salah satu anggota BPD Mustaufin, kepada camat omben, Selasa (9/7/2024).

Menurutnya, semua program di setiap desa sudah berjalan baik dan Pj Kadesnya diterima oleh masyarakat. Maka tidak ada alasan jika Pj Kades tersebut harus diganti.

Dia meminta kepada camat omben agar Pj Bupati tidak melakukan arogansi kekuasaan dengan cara tidak melakukan pergantian Pj kades.

“Kami mengharap melalui camat, terkait agar disampaikan kepada Pj Bupati agar pergantian Pj ini tidak dilanjutkan. Karena semua program jalan, semua jalan, jadi saya mohon kepada pak camat untuk menyampaikan supaya tidak menjadi arogansi jabatan,” tegasnya.

Menanggapi hal tersebut Camat Omben Didik Adi Pribadi selaku tim evaluasi tingkat kecamatan akan membawa aspirasi masyarakat tersebut kepada tim evaluasi Kabupaten Sampang.

“Sesuai dengan apa yang diaspirasikan masyarakat kami menerima dan akan ditindak lanjuti hal-hal yang diaspirasikan masyarakat kepada tim evaluasi Kabupaten,” terang dia.

Menyikapi hal yang menjadi keresahan masyarakat tersebut, Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) Kabupaten Sampang akan mengirim surat kepada presiden supaya Pj Bupati Sampang Rudi Arifiyanto tidak melanjutkan pergantian Pj kades. Karena dikhawatirkan akan menambah polemik di masyarakat bawah menjelang pilkada serentak 2024.

Diketahui, Pj Bupati Sampang Rudi Arifiyanto sudah melakukan pergantian Pj kades di beberapa desa se-Kabupaten Sampang.

Oleh karena itu masyarakat Omben bergerak untuk melakukan penolakan pergantian Pj supaya tidak terjadi hal yang serupa.

“Aspirasi kalian akan kami sampaikan juga ke presiden, kami akan mengirimkan surat kepada presiden dan Kemendagri agar Pj Bupati tidak melakukan pergantian Pj kades, guna menjaga kondusifitas menjelang pilkada,” ujar ketua PABPDSI, Holip. (suf/lio)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?