Menikmati Kelezatan Rawon Iga Lawang Limo Gresik, Daging Empuk Kaya Rempah

Rawon Iga ala Kafe Lawang Limo, rekomendasi kuliner di Kota Santri.(blok-a.com/ivan)
Rawon Iga ala Kafe Lawang Limo, rekomendasi kuliner di Kota Santri.(blok-a.com/ivan)

Gresik, blok-a.com – Rawon merupakan sup asli Jawa Timur yang menjadi salah satu makanan favorit banyak orang. Bahkan beberapa daerah kerap dijumpai penjual kuliner ini dengan ciri khas masing-masing. Salah satunya Rawon Iga di Kafe Lawang Limo, Kelurahan Kebungson, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik.

Rawon Iga ala Kafe Lawang Limo ini bisa menjadi salah satu rekomendasi kuliner yang bisa dicoba di Kota Santri. Memiliki cita rasa yang nendang, gurih, dan kaya akan rempah.

Kuah berwarna hitam ditambah daging yang empuk menambah kelezatan rawon ini. Sehingga cocok dijadikan menu makan bersama teman maupun keluarga.

Pemilik usaha Rawon Iga Lawang Limo, Wati Niky mengatakan, awal mula memulai bisnis kuliner Rawon Iga ini karena melihat peluang usaha yang pas untuk dikembangkan di Kota Gresik.

Menurutnya, resep Rawon Iga sudah ada sejak turun temurun dari keluarga besarnya.

“Resepnya turun temurun sudah ada dari keluarga saya. Bahkan saya punya buku resep tulisan ibu. Dulu salah satu keluarga saya juga ada yang usaha Rawon sampai laris dan legendaris si Gresik,” ujarnya, Sabtu (1/6/2024).

Niky menuturkan, keistimewaan dan perbedaan rawon yang ia hidangkan adalah dari bumbu dan kuah yang lebih kental. Sehingga memberikan rasa rawon yang lebih kuat dari rawon-rawon lainnya.

Kemudian bagian daging iga yang empuk karena direbus selama hampir sehari dengan dicampur bumbu dan rempah, membuat setiap suapan memanjakan lidah para pecinta kuliner di Kabupaten Gresik.

“Bumbu kuahnya lebih kental dan warnanya lebih hitam. Bumbunya juga saya yang meracik sendiri sesuai resep ibu saya. Sehingga rasanya lebih meresap dan lezat,” terang perempuan berusia 38 tahun itu.

Salah satu pengunjung bernama Putri Nur Aimung (18), asal Kelurahan Sidomoro, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik mengaku Rawon Iga Lawang Limo memiliki rasa yang enak dan gurih. Karena memiliki kuah sangat kental ditambah daging iga yang empuk.

“Enak sekali rawonnya, karena kuahnya sangat kental dan daging iganya empuk. Selain itu suasananya juga enak, cocok dibuat menu makan bareng teman-teman maupun keluarga,” ucapnya.

Selain Rawon Iga, di Kafe Lawang Limo juga tersedia aneka Snack yang menjadi menu penunjang, seperti Wonton, Chilli Oil dan lainnya.

Rawon Iga Lawang Limo ini buka sejak pukul 09.00 WIB hingga 22.00 WIB. Lokasinya tak jauh dari Pelabuhan Gresik dan kawasan wisata kota tua Bandar Grissee.(ivn/lio)

Kirim pesan
Butuh bantuan?
Hai, apa kabar?
Apa yang bisa kami bantu?